Minggu, 17 Maret 2013

Coklat. Si Manis yang Punya Banyak Manfaat


Manis dan lezat. Hmm 2 kata tersebut mampu mendeskripsikan apa itu coklat. Buah yang punya nama ilmiah Theobroma cacao ini memang mempunyai penggemar yang lumayan banyak. Yups, ga bisa dipungkiri coklat memang merupakan makanan yang enak. tapi pada tau ga, ternyata selain rasanya yang enak, ternyata coklat juga mempunyai beberapa manfaat yang baik buat kesehatan kita. Wahh hebat banget ya !! Nah pada penasaran manfaat apa yang bisa Mariner dapet dari coklat ? Oke dari pada penasaran, mending kita cek sama – sama..
  1. Mencegah penyakit jantung. Sebuah coklat bar dapat membantu mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular kamu berjalan lancar. Dark chocolate dapat mengurangi resiko serangan jantung dengan presentase 50 % dan penyakit koroner sebesar 10 %
  1. Menurunkan tekanan darah. Sama seperti sayuran yang memiliki warna gelap, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah kalian dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
  1. Menurunkan kolestrol. Coklat juga membantu kalian dalam menurunkan kolestrol jahat (LDL) serta meningkatkan kolestrol baik (HDL)
  1. Anti depresan. Coklat bisa menjadi teman kalian ketika mengalami masalah dan lagi galau. Hal ini karena coklat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.
  1. Kandungan lemak rendah. Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi kalian ga perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketika anda mengkonsumsi dengan jumlah besar
  1. Meningkatkan sirkulasi darah. Flavonoid hadir dalam coklat dan mereka juha membantu meningkatkan sirkulasi darah selama 2 – 3 jam setelah kalian mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.
  1. Menghindari kelelahan kronis. Penyakit ini menyebabkan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernapasan. Tapi setelah makan sekitar 50 gr coklat sehari – hari membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis.
  1. Menghambat penuaan. Coklat dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan dai wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.
  1. Meningkatkan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata kita.
  1. Mengurangi risiko kanker. Kakao atau coklat mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian – bagian yang menghasilkan sel – sel tumor
  1. Meningkatkan produksi insulin alami. Hal ini membantu menurunkan risiko terkena diabetes lho. Dengan mengonsumsi coklat, kita juga dapat energi tambahan untuk beraktifitas kembali.
  1. Menghaluskan kulit. Flavonoid yang terdapat pada coklat bisa melindungi kita dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit dan menjaganya untuk tetap bersinar. Coklat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan kulit. Jadi bintik – bintik hitam, kulit kasar akan jauh dari kulit kita.
  1. Membantu menurunkan berat badan. Pasti selama ini Mariner kira kalo coklat bisa menaikkan berat badan. Ya kan ? tapi sebenarnya kebalikannya. Coklat bisa membantu menurunkan berat badan. Coklat kaya akan serat seperti halnya roti, gandum dan buah yang dapat membantu kalian untuk diet
  1. Baik untuk kesehatan otak. Coklat bisa membuat syaraf – syaraf kita rileks, dapat membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat kita enjoy untuk beraktifitas.
Nah banyak banget kan manfaat dari coklat. Sebenernya masih banyak lagi manfaat dari si manis ini yang belum dijabarkan. Tapi intinya semuanya baik kok.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar