Senin, 24 Juni 2013

Santa Patricia

Pemberian nama baptis memiliki maksud dan tujuan. Gereja katolik percaya, Santo atau santa yang menjadi nama baptis seseorang akan menjadi pelindung, pendoa, inspirasi dan diharapkan juga dapat menjadi teladan iman dalam hidupnya. Dan benar saja, memiliki nama baptis 'Patricia' menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Tetapi, siapa sebenarnya sosok St. Patricia itu?

Santa Patricia of Naples adalah martir perawan Italia dan suci. Tradisi menyatakan bahwa ia mulia, ia mungkin telah berhubungan dengan Kaisar Romawi. Beberapa sumber mengatakan bahwa ia adalah keturunan dari Konstantin Agung.

Ia melarikan diri dari pernikahan diatur oleh Konstans II dan menjadi biarawati, dia pergi ke Roma. Di sana ia menerima Kerudung dari Paus Liberius. Setelah kematian ayahnya, ia kembali ke Konstantinopel dan, menyangkal klaim apapun untuk mahkota kekaisaran, didistribusikan kekayaannya kepada orang miskin. Dia kemudian merencanakan untuk melakukan ziarah ke Yerusalem.
Namun, badai yang mengerikan membuatnya terdampar di tepi Naples. Mencari perlindungan di pulau kecil Megarides, tempat pertapaan kecil, Patricia meninggal tak lama setelah itu karena penyakit.

Biara Sante Patrizia berisi relik nya. Selama peristiwa bergolak tahun 1864, mereka diterjemahkan ke biara San Gregorio Armeno. Tercakup dalam lilin, relik nya yang terkandung dalam sebuah guci emas, permata, dan perak, dan ditempatkan di kapel biara. Biara juga mempertahankan darahnya. Darahnya, seperti yang Januarius, yang lain, santo pelindung lebih terkenal dari Naples, juga dikatakan untuk mencairkan berkala. terkait legenda menyatakan bahwa setelah Patricia meninggal, seorang pria bersemangat menarik keluar salah satu giginya, menyebabkan tubuh untuk perdarahan. Pengikut Patricia mengumpulkan darah dan terkena. Ini kemudian dicairkan. Darahnya dikatakan beralih ke cairan pada hari pestanya 25 Agustus, dan pada setiap hari Selasa pagi.

Pesta: 25 Agustus

Selain Patricia, masih banyak lagi nama orang suci yang di jadikan nama baptis. Contohnya: Maria, Elizabeth, Magdalena, Veronica, Vincentius, Martinus, Lukas, dll. Yang tentu saja memiliki maksud tersendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar