Selasa, 18 Juni 2013

7 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Nyamuk memang tak bisa di pandang sebelah mata, satu saja gigitan nyamuk bisa membuat orang merasa gatal, bahkan demam hingga akhirnya meninggal dunia.

Cara alami untuk mengusirnya, dengan menanam beberapa tanaman di perkarangan rumah. Lalu, jenis tanaman apa saja itu? Berikut 7 tanaman yang ampuh mengusir nyamuk:

Lavender.
Jenis bunga yang satu ini terkenal sebagai pengusir nyamuk alami. Beberapa jenis obat nyamuk lotion juga terkadang menggunakannya. Lavender memiliki aroma yang khas dan segar untuk membantu mengusir nyamuk dari area rumah jika di letakkan di sudut ruangan. Namun, berhati-hatilah dalam menyimpan atau meletakkannya, karena bunga lavender juga di sukai semut.

Rosemary.
Rosemary biasanya di gunakan sebagai tanaman hias atau tanaman bumbu dapur. Namun, tanaman ini juga mampu mengusir nyamuk jika di letakkan di dalam rumah.

Bunga Lantana.
Bunga ini tak memiliki aroma yang wangi seperti bunga lainnya. Namun, bunga lantana cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Kamu bisa menanamnya di perkarangan rumah. Perawatannya pun cukup mudah, hanya di jemur di bawah sinar matahari saja sampai bunganya tumbuh.

Daun Mint.
Daun Mint memiliki aroma pedas dan segar. Biasanya juga digunakan sebagai tambahan parfum dan aroma makan untuk memberikan kesan segar dan dingin. Selain itu, tanaman ini juga mampu mengusir nyamuk. Bisa di taruh dalam pot, letakkan dalam ruangan pada malam hari, dan di pagi hari, jemur di bawah matahari agar dapat berfotosintesis.

Kemangi.
Kemangi memiliki aroma yang segar dan menyejukkan. Sering di jadikan lalapan dan sebagai aromaterapi yang ampuh mengatasi mual dan jerawat. Selain itu, aroma yang segar dan kuat juga membuat nyamuk enggan mendekat.

Cengkeh.
Cengkeh memiliki aroma yang kuat yaitu pencampuran antara pahit dan manis. Aroma yang dimilikinya mampu mengusir nyamuk dengan efektif. Jika tak ingin menanamnya, bisa mengambil beberapa buah, lalu letakkan di kai kasa. Gantungkan di beberapa tempat untuk mengusir nyamuk dari ruangan itu.

Sereh.
Sereh memiliki aroma lemon yang sangat segar. Sereh kerap digunakan sebagai bumbu dalam masakan dan juga minuman. Bukan hanya bisa di konsumsi saja, sereh juga bisa di gunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara menanam tanaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar