Rabu, 19 Juni 2013

Jelly, Puding, dan Agar-Agar

Hallo mariner!! Pastinya kalian udah engga asing lagi kan dengan Jelly, Puding dan Agar-agar. Mereka itu, memiliki persamaan dan perbedaan loh. Persamaannya, yah mereka itu sama-sama merupakan "jenis dessert yang bisa dimakan" Hehehe.. :D 
Nah, kalau mau tau perbedaannya, mending simak aja info berikut:

Jelly
Jelly merupakan produk yang di buat dengan bahan utama hidrokoloid, seperti agar-agar, karagenan, koniyaku dan sumber-sumber lainnya. Berbagai jenis hidrokoloid tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. . Setiap sumber memiliki tekstur yang berbeda pula, ada yang memiliki tekstur rapuh, kenyal, dll. Oleh karena itu biasanya dalam produk Jelly yang ada di pasaran, sumber-sumber tersebut di padukan dengan perbandingkan tertentu, sehingga Jelly memiliki tekstur yang khas.

Puding
Puding adalah nama untuk berbagai dessert yang umumnya di buat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus atau dipanggang. Istilah puding pun digunakan untuk berbagai jenis pai yang berisi lemak hewan, daging atau buah-buahan yang dipanggang.
Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tepung tapioka atau telur dihidangkan setelah didinginkan terlebih dahulu. Puding seperti ini biasanya memiliki rasa manis dengan perisa seperti coklat, karamel, vanilla, atau buah-buahan. Puding agar-agar di buat dengan mencampur agar-agar bersama susu dan telur kocok. Puding agar-agar biasanya di hidangkan bersama vla.

Agar-agar
Agar-agar di kenal luas didaerah Asia Tropika sebagai makanan sehat karena mengandung serat (Fiber) lunak. Kandungan serat lunak yang tinggi dapat membantu pembuangan sisa-sisa makanan di usus (laktasif) Agar-agar juga rendah kalori.
Sebenarnya agar-agar adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Bila di larutkan dalam air panas dan dinginkan, agar-agar bersifat seperti gelatin, padatan lunak yang memiliki banyak pori-pori di dalamnya. Sehingga bertekstur kenyal. Banyak olahan lain yang juga melibatkan agar-agar dalam proses pembuatannya seperti: puding, campuran es krim, anmitsu, atau sebagai pengental sup.

Ok deh, Biarpun beda, namun. baik Agar-agar, Jelly maupun Puding memiliki khasiat yang kok  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar