Senin, 17 Juni 2013

Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak

Perpustakaan adalah gudangnya ilmu. So, kalo kalian mau pinter dan berwawasan luas, rajin-rajin deh datang ke perpustakaan. Ya emang sih ilmu itu bisa di dapet dari mana aja. Tapi kan ngga ada salahnya kalo nimba ilmunya di tempat ini.
Nah, yang lagi di luar negri atau punya niat ke luar negri, sempet-sempetin deh buat mampir ke perpustakaan besar dunia yang punya koleksi jutaan buku. Berikut ini, 10 perpustakaan yang memiliki koleksi buku terbanyak:

  1. Library of Congress
Library of Congress berada di Washington DC, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1800.. Perpustakaan ini memiliki stok lebih dari 30 juta buku. Makanya Guys, kalo lagi di Amrik sempetin deh ke perpus yang punya koleksi buku terbanyak ini. Library of Congress juga pernah muncul di film treasure 2 loh.

  1. National Library of China
Perpustakaan dengan koleksi terbanyak urutan kedua ada di negara tirai bambu nih. Yups, National Library of China yang terletak di Beijing, China. Didirikan pada tahun 1909. Perpustakaan ini memiliki stok lebih dari 22 juta buku.

  1. Library of the Russian Academy of Sciences
Library of the Russian Academy of Sciences berada di St. Petersburg, Rusia. Didirikan tahun 1714. Perpustakaan ini memilik stok lebih dari 20 juta buku.

  1. National Library of Canada
National Library of Canada terletak di Ottawa, Kanada. Didirikan pada tahun 1953. Perpustakaan ini memiliki stok lebih dari 18,8 juta buku.

  1. German National Library
German National Library terletak di Frankfrut, Jerman. Didirikan pada tahun 1990. Perpustakaan saham ini memiliki stok lebih dari 18,5 juta buku.

  1. British Library
British Library berada di London, Inggris. British Library didirikan pada 1753. Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 16 juta buku.

  1. Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences
Institute dor Scientific Information terletak di Moskow, Rusia. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1969. Memiliki lebih dari 13,5 juta buku.

  1. Harvard University Library
Harvard University Library berada di Cambridge, MA, USA. Didirikan tahun 1638. Harvard University Library memiliki koleksi lebih dari 13,1 juta buku.

  1. Vernadsky National Scientific Library of Ukraine
Vernadsky National Scirntific Library of Ukraine terletak di Kiev, Ukraina. Perpustakaan ini berdiri pada tahun 1919 dan memiliki stok lebih dari 13 juta buku.

  1. New York Public Library
New York Public Library berada di kota New York, NY, USA. Perpustakaan ini berdiri tahun 1895 dan memiliki lebih dari 11 juta buku.

Ok, itu tadi 10 perpustakaan yang memiliki koleksi buku terbanyak di dunia. Gimana terkesan? Atau ada yang tertarik buat ke sana? Ya mungkin ada hehe.. Kalo perpustakaan di kota kalian gimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar