Jumat, 21 Juni 2013

Ababil

Ababil adalah kata yang sudah nge-trend di dunia maya, sejak dulu kata "Ababil" diambil dari kata "Labil". Lalu, kenapa "Labil" bisa berevolusi menjadi "Ababil"? Kenapa kata Ababil di tujukan kepada kaum ABG? dan Kenapa banyak ABG yang labil? Ok, let's check..

Arti Ababil.
Ababil berarti tak pasti, suka berubah-ubah, tidak konsisten, tidak tetap pada pendirian atau mudah goyah pendiriannya.

Kenapa di tujukan kepada ABG?
"A"babil huruf A kepanjangan dari "ABG" dan diperlengkap dengan "babil" yang artinya mirip dengan "labil", jadi arti Ababil sebenarnya ialah ABG Labil, atau yang belum tetap pendiriannya

Kenapa banyak ABG Labil (Ababil)?
Istilah Ababil ditujukan bagi para remaja yang seringkali menunjukkan kegalauan dan sifat moody, secara psikis mereka di bilang tak stabil.
Mengapa remaja menunjukkan gejala demikian?
Para peneliti dari Pittsburgh University, AS berhasil menemukan jawabannya..

Dalam otak manusia terdapat 2 bagian penting yang mengatur motivasi dan pembelajaran. Yaitu: nucleus accumbens (NAc) dan dorsal striatum (DS)
NAc memainkan penting dalam memproses keinginan dan balasan yang diharapkan setelah melakukan suatu hal, sedangkan DS mengontrol tindakan dan perilaku.
Semestinya, kedua bagian ini bekerja dengan porsi yang sama di usia remaja dan dewasa. Namun di usia remaja, sel-sel neuron dalam DS bekerja lebih aktif dibandingkan pada otak orang dewasa.

Perbedaan kinerja sel neuron itu menyebabkan remaja dan orang dewasa merespon stimuli yang sama dengan cara yang berbeda. Dengan kinerja area DS dan sel neuron yang aktif, para remaja cenderung bertindak secara berlebihan, rentan akan hal yang adiktif dan perilaku impulsif.
Kondisi ini juga menjawab mengapa para remaja lebih mudah terkena depresi, schizophrenia, dan perilaku adiktif seperti merokok atau mengonsumsi obat terlarang.

Perilaku dan psikis para remaja sangat kompleks. DS hanya salah satu dari sekian banyak bagian otak yang menyebabkan perilaku ini. Sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut..

Ya, kira-kira gitu deh penjelasannya. Semoga membantu. Btw, kalian termasuk Ababil ga? Hehehe.. :p Jawabnya dlm hati aja.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar