Jumat, 21 Juni 2013

8 Cara Membuat Otak Berpikir Lebih Cepat

Pada dasarnya, otak manusia merupakan komputer biologis. Ia membutuhkan makanan, oksigen, ia juga butuh latihan. Kalian dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kekuatan otak dengan melatihnya, memodifikasi atau bahkan memanipulasinya. Kalian mungkin tak akan menjadi seperti Einstein, namun hal ini juga bukan alasan untuk tidak membuatnya menjadi lebih baik. Ya kan?
Beberapa hal di bawah ini akan membuat otak kalian bekerja lebih baik. Let's check..

  1. Mengambil Dosis EPA Secukupnya.
    EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak. Riset menunjukkan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi. Jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya?
  2. Kerjakan Sebuah Teka-Teki
    Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika tak dilatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya secara maksimal.
  3. Pergi Berjalan Kaki.
    Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggir kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantumu menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran kalian tetap jernih.
  4. Mempelajari Bahasa Baru.
    Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun, menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan peredaran darah dan koneksi sifat yang baik.
  5. Tertawa.
    Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan kamu tertawa setiap harinya.
  6. Menjadi Kreatif.
    Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun kamu yakin kamu payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan kalian untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.
  7. Belajar Melempar Barang.
    Riset dari universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama 3 bulan, otak akan menunjukkan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.
  8. Berhubungan dengan Sifat Kekanak-kanakanmu.
    Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2)
    Coba lihat anak-anak. Mereka dipenuhi imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada yang kita pelajari satu dekade. Bebaskan pikiran kalian dari pikiran "seorang dewasa", kalian akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya dan mungkin juga kalian akan membuat penemuan besar berikutnya.
Ok, itulah 8 cara membuat otak bepikir lebih cepat. Ada yang tertarik mencoba trik ini? Semoga membantu ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar