Sabtu, 24 Agustus 2013

Lebih Pintar Kucing atau Anjing?

Lebih pintar mana sih? Anjing atau kucing? Itu adalah pertanyaan klasik yang banyak di pertanyakan oleh orang yang ingin punya peliharaan tetapi belum jelas mau pelihara binatang yang apa. Dan memang 2 binatang ini adalah yang paling banyak menarik minat manusia untuk memeliharanya. Iya apa iya?
Banyak hal yang membuat kedua binatang ini menjadi pilihan utama, diantaranya adalah karena mereka merupakan salah satu binatang tercerdas yang ada di bumi. Lalu, sebenarnya lebih cerdas anjing atau kucing sih?
Berikut beberapa aspek perbandingan antara kucing dan anjing yang mudah-mudahan bisa membantu kalian untuk membedakannya. Let's check:

Kemampuan Fisik
Salah satu memilih kucing adalah karena mereka merupakan pemburu tikus dan serangga yang sangat handal. Dan salah satu alasan memelihara anjing adalah karena mereka kuat dan cepat, sehingga mampu melindungi manusia. So, keduanya memiliki kemampuan yang berbeda tetapi sama-sama dibutuhkan manusia. Bisa dibilang keduanya seri dalam kategori ini.

Kemampuan Sosial
Anjing paham kalau menggonggong di depan pintu, maka akan ada manusia yang membukakannya pintu sehingga dia dapat keluar. Sementara kucing lebih senang "melarikan diri" Jadi, dalam kategori ini, anjing menang karena mampu bersosialisasi dengan manusia.

Kemampuan Bertahan Hidup
Kucing bisa membersihkan badannya sendiri, mencari makan sendiri, tidak perlu diajak jalan-jalan keluar rumah oleh majikannya karena dia bisa melakukannya sendiri. Dan kucing juga terlatih menggunakan kamar mandi. Sedangkan anjing perlu dimandikan diajak jalan-jalan dan diajak keluar rumah jika akan buang kotoran. Jadi, dalam kategori ini, kucing yang menang.

Kemampuan Mendengarkan Perintah
Yang paling mudah adalah anjing. Anjing akan segera mendekat ketika namanya dipanggil oleh majikkannya karena mereka tahu akan diberi makanan. Sedangkan kucing belum tentu mendekat. Nah bukan berarti kucing tak paham perintah. Dia tetap paham, tetapi meresponnya dengan caranya sendiri. Kucing tahu saat namanya dipanggil, tetapi seringnya dia hanya merespon dengan menoleh saja, tidak langsung mendekat. Alhasil, dalam kategori ini, kucing dan anjing dinilai seri atau seimbang.

Kemampuan Memilih Mainan
Kucing itu binatang yang suka pilih-pilih mainan. Dia belum tentu suka dengan mainan yang mahal. Sedangkan anjing, dia akan menerima mainan apapun yang kalian berikan.

Nah, sekarang balik-balik lagi, menurut kalian cerdasan yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar