Kamis, 11 Juli 2013

Fakta Unik Kartu Remi

Remi. Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenal jenis kartu ini, bahkan sering memainkannya. Nah Btw, mungkin juga engga banyak yang tau, di balik kartu remi tersimpan beberapa fakta unik. Ini nih contohnyaa..

Kartu remi terdiri dari 4 jenis, sekop (spade), hati (heart), wajik (diamond), dan keriting (club). Setiap jenis dimulai dari angka 1 - 10 lalu Jack, Queen dan King. Semua berjumlah 52 ditambah Joker jadi 53 buah.

Jumlah kartu serta gambar Jack, Queen dan King mempunyai arti sendiri. Apa artinya? Yuk cari tauu..

Untuk menjawabnya, kita harus tau sejarah permainan kartu (playing card) Permainan kartu di duga kuat berasal dari China. Selama jaman dinasti Tang (618 - 907 M) permainan ini mulai berkembang. Kemudian saat pemerintahan dinasti Ming, kartu memiliki gambar figur manusia mulai di gunakan. Selain menjadi leluhur kartu remi, juga permainan kartu lainnya semacam domino dan mahjong.

Permainan kartu lalu menyebar ke seluruh Asia termasuk diadopsi oleh pemerintahan Islam, Mamluk di Mesir di abad ke-14. Saat itu Mamluk yang mulai menggunakan kartu berjumlah 52. 10 kartu mewakili angka 1 - 10 lalu King atau malik kemudian na'ib malik atau Deputy King dan thani na'ib (setingkat di bawah deputy)


Karena kerajaan Islam pernah menaklukan Eropa, maka permainan kartu pun ikut menyebar. Prancis yang mula-mula membagi kartu menjadi sekop (spade), hati (heart), wajik (diamond), dan keriting (club).

malik, na'ib malik, dan thani na'ib kemudian di adaptasi menjadi King, Queen dan Jack. Maknanya pun ikut berubah sesuai kebangsaan bangsa-bangsa kulit putih.

King Sekop: Raja David (Daud)
King Hati: Charlemagne
King Wajik: Julius Caesar
King Keriting: Iskandar Agung

Queen Sekop: Pallas
Queen Hati: Judith
Queen Wajik: Rachel
Queen Keriting: Argine

Jack Sekop: Holger Danske (ksatria Charlemagne)
Jack Hati: La Hire (Pemdukung Joan of Arc)
Jack Wajik: Hector
Jack Keriting: Lancelot

Memang banyak yang menggambarkan tokoh-tokoh di Prancis dan Inggris, sekaligus Holly Bible. Sehingga ada pula sebagian orang yang memperesentasikan  sebagai simbol kekristenan yang diambil dari riwayat tertulis di Holly Bible. Misalnya King melambangkan Tuhan (God), lalu angka 6 melambangkan 6 hari penciptaan, angka 7 melambangkan sabbath dan lain sebagainya.

Yang menarik, jumlah kartu 52 ada artinya yakni 52 (5+2) = 7 hari dalam seminggu

Lalu jenis kartu menyimbolkan musim, yakni sekop (spade) mewakili musim dingin, hati (heart) mewakili musim gugur, wajik (diamond) mewakili musim semi, dan keriting (club) mewakili musim panas.

Dalam satu jenis terdapat 13 kartu . Ini maknanya adalah 13 minggu dalam 1 musim. Warna merah berarti siang dan hitam berarti malam.

Sekarang, jumlahkan semua angka dari tiap jenis. Contoh:  Sekop: 1 (As) + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 (Jack) + 12 (Queen) + 13 (King) = 91

Lalu 91 x 4 (sesuai 4 jenis kartu) maka hasilnya 364. Di tambah Joker jadi 365. Inilah jumlah hari dalam setahun.

Keunikan lainnya, jumlahkan huruf dari nama-nama kartu dalam 4 bahasa ini.

Bahasa Inggris:
Ace, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, ten, Jack, Queen, King

Bahasa Belanda:
Aas, twee, drie, vier, vijf, zes, seven, acht, negen, tien, Boer, Vrouw, Heer

Bahasa Jerman:
As, zwei, drei, funf, sechs, sieben, acht, neun, zehn, Bube, Dame, Konig

Bahasa Perancis:
As, deux, trois, quatre, cing, six, sept, huit, neuf, dix, Valet, Reine, Roi

Hasilnya semuanya adalah 52 dan itu berarti jumlah minggu dalam 1 tahun

Namun, ada misteri-misteri tentang kartu yang belum terjawab sampai sekarang, (Nah, hayo ada yang tertarik buat memecahkan misteri ini??) misalnya:

  • King Hati satu-satunya king yang tidak memiliki kumis
  • King Hati juga mengarahkan pedangnya ke arah kepalanya sendiri, oleh karena itu King Hati selalu disebut "The Suicide King"
  • King Wajik cuma kelihatan satu sisi muka
  • Queen sekop melihat kearah kanan, sementara Queen lainnya melihat kearah kiri
  • Queen sekop satu-satunya Queen yang memegang tongkat bunga, sementara Queen yang lainnya hanya memegang bunga saja


Kartu Remi dan Militer Amerika Serikat
  1. Pada perang dunia II, kartu remi dikirim kepada tentara Amerika yang ditawan di kamp-kamp Jerman. Pihak militer Amerika bekerja sama dengan perusahaan produsen kartu membuat edisi spesial. Kartu-kartu ini dirancang sedemikian rupa, sehingga bila di celupkan di air menghasilkan lapisan khusus yang merupakan bagian-bagian peta, cara agar para tawanan itu bisa kabur
  2. Saat perang Vietnam di tahun 1960-an, As sekop disebarkan di hutan-hutan vietnam, atau ada juga tentara yang menyelipkannya di helm mereka. Tujuannya untuk membuat takut tentara Viet Cong. Mengapa? Karena As sekop adalah simbol kematian, dan tentara Viet Cong percaya akan takhayul ini.
Sekarang ngga cuma bisa main nya doang kan? Jadi lebih tau mengenai fakta-fakta unik dari kartu remi yang mungkin engga terduga sebelumnya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar