Selasa, 09 Juli 2013

Tips Sehat Menjalani Puasa

Hari ini hari pertama puasa bagi umat muslim. Seperti yang kita ketahui saat puasa, kita tak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, tak jarang tubuhpun berasa lemas, kurang fit, malas melakukan aktifitas dan bawaannya pasti pingin tidur doang sampe buka nanti. Ya kan?

Tapi jangan khawatir, berikut ada 7 tips agar tetap sehat dan semangat saat menjalani ibadah puasa:
  1. Jangan Makan Sahur dan Berbuka Terlalu Banyak
    Mungkin ada yang menanggap kalo makan banyak itu bisa buat nambahin energi yang hilang saat puasa. Tapi janhan salah, makan sahur atau berbuka terlalu banyak justru dapat membuat tubuh mudah lemas. Makan terlalu banyak juga bisa membuat mata menjadi ngantuk. Akibatnya jadi malas melakukan aktifitas.
  2. Jangan Makan Terlalu Pedas dan Asam
    Kondisi lambung yang kosong selama 12 jam lebih akan menjadi semakin asam ketika kita makan makanan pedas dan asam. Akibatnya kita merasakan nyeri yang cukup menyakitkan, serta bisa menyebabkan diare yang justru membuat kita lemas karena dehidrasi. Sebab itu, biasakan makan obat maag sebelum makan, terutama bagi penderita sakit maag akut.
  3. Perbanyak Makanan dalam Bentuk Protein
    Ketika sahur atau berbuka, sebaiknya perbanyak makan makanan yang mengandung protein. Contohnya saja 3T alias Tahu, Tempe, Telur. Karena protein merupakan makanan dengan kandungan energi yang paling tinggi bila di banding dengan karbohidrat.
  4. Kurangi Minum Minuman Dingin
    Akan lebih baik jika tak minum minuman dingin baik saat buka ataupun sahur. Lebih baik minum minuman hangat saja, karena minuman hangat akan membuat kalian lebih tahan terhadap haus dibanding minum minuman dingin. Selain itu, kalian juga akan lebih tak mudah dehidrasi.
  5. Minum Suplemen Makanan atau Vitamin
    Bagi yang merasa selalu kurang fit saat menjalani puasa, kalian bisa menambahkan suplemen vitamin dalam menu sahur. Setelah itu, sempatkan sejenak untuk minum multivitamin. Tujuannya jelas, untuk menambah cadangan vitamin.
  6. Biasakan Menggunakan Madu Saat Sahur dan Berbuka
    Madu bisa menjadi obat bagi kalian yang mudah lelah dan mudah capek. Hal tersebut karena madu mengandung antioksidan dan karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi tambahan.
  7. Jangan Mudah Mengeluh
    Ketika puasa tentu saja tidak boleh mengeluh, Karena puasa memang melatih kesabaran dan ketabahan kita. Meskipun banyak cobaan, kita harus tetap bersemangat dan ceria dalam menjalani aktivitas.
Ok deh itu tadi tips-tips saat menjalani puasa. Semoga membantu. Akhir kata, aku mau ngucapin "Selamat menjalankan ibadah puasa bagi temen-temen. Tetap semangat menyambut Hari Kemenangan" ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar